Rematik adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi tubuh. Umumnya, rematik menyerang sendi-sendi tangan dan lutut, tapi juga bisa menyerang tempat lainnya seperti tumit. Jika tidak segera ditangani, rematik dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh lainnya, seperti paru-paru, jantung, sistem saraf, ginjal, kulit, dan mata. Penyebab rematik ini belum diketahui pasti dan belum ada penjelasan ilmiah tentang penyebab rematik selain dari autoimun. Oleh karena itu, banyak teori atau dugaan penyebab rematik, salah satunya mandi malam. Apakah benar bahwa mandi pada malam hari bisa menyebabkan penyakit rematik? Simak penjelasannya.

Mandi malam tidak akan menyebabkan penyakit rematik. Namun jika kamu mandi malam menggunakan air dingin bisa menimbulkan rasa nyeri bagi seseorang yang sudah mengidap rematik atau masalah pada persendian. Kombinasi suhu yang lebih dingin di malam hari dan air dingin akan menyebabkan kapsul sendi menyusut sehingga menyebabkan tekanan pada sendi dan rasa tidak nyaman. Maka dari itu, mandi malam dengan air dingin tidak disarankan bagi penderita rematik. Jika memang penderita rematik harus mandi malam, sebaiknya gunakan air hangat agar kaku dan nyeri sendi tidak terjadi. Jadi mandi malam hari bukan penyebab dari penyakit rematik ya.

Pencegahan rematik

1. PereganganPeregangan akan menambah kinerja otot dan meningkatkan jangkauan gerak sendi kamu. Pastikan bahwa kamu melakukan pemanasan pada otot dan sendi sebelum melakukan peregangan. Jika melakukan peregangan sebelum pemanasan akan memperburuk nyeri sendi  bahkan menegangkan otot kamu.2. Olahraga RutinMelakukan olahraga yang tepat akan membuat rasa sakit akibat rematik berangsur-angsur hilang. Selain itu, sendi-sendi tubuh akan menjadi fleksibel. Fokuskan latihan pada sendi-sendi tubuh, namun jangan terlalu berat karena akan menimbulkan cedera dan memperparah kondisi.3. Konsumsi Sayuran dan BuahSayuran dan buah bisa menjadi salah satu makanan yang diolah tanpa bahan kimia dan sangat cocok untuk mencegah rematik. Bahkan jika kamu memadukan konsumsi berbagai buah dan juga sayuran bisa meringankan penyakit rematik kamu.4. Mengurangi Stres

Penelitian menunjukkan pentingnya sikap psikologis dalam meredakan sakit akibat radang sendi. Jika menderita radang sendi, kamu harus bisa belajar memahaminya. Jangan memaksakan diri mengerjakan semua hal saat kamu tidak merasakan sakit. Karena akan membuat kamu kelelahan dan kesakitan di hari berikutnya. Lakukan sedikit demi sedikit setiap hari, baik saat mengalami sakit ataupun tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *