TELP / SMS / WA / LINE / TELEGRAM : 0813-3863-2829

latihan-latpulldownKetika masuk ke tempat gym, pasti anda akan melihat alat fitness yang banyak. Dari yang berukuran kecil sampai berukuran besar. Setiap alat fitness memiliki fungsinya masing-masing untuk latihan otot kita. Salah satunya adalah latpull down. Alat gym latpull down sering digunakan untuk latihan punggung. Pada saat latihan gym, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin memperbesar otot tangan, otot perut, menurunkan berat badan, membentuk otot punggung dan lainnya. ketika menggunakan latpull down, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu cara menggunakannya.

Berikut ini cara menggunakan dan fungsi latpull down yang benar supaya latihan anda semakin efektif:

Fungsi Latpull Down

Latpull Down LP-001Fungsi latpull down digunakan pada latihan punggung. Alat gym ini untuk melatih bagian otot trapezius, otot rhomboids, otot latissimus dorsi, otot teres major dan otot erector spinae. Bagian otot rhomboid dan otot trapezius terletak pada punggung bagian atas. Otot rhomboids terletak dibawah otot trapezius sedangkan otot trapezius sendiri menjadi terhubung dengan tempurung kelapa., ujung tulang selangkang dan tulang belakang yang bagian tengah. Untuk latissimus dorsi, otot teres major dan otot erector spinae, tersebar pada bagian pangkal tulang belakang, lengan atas, tulang pinggul dan tulang iga. Banyak orang-orang yang ingin membuat otot-otot tersebut terlihat lebih besar.

Cara Menggunakan Latpull Down

cara-menggunakan-latpull-downSelain mengetahui fungsi latpull down, anda juga harus tahu cara menggunakan alat fitness ini. Pertama aturlah letak duduk anda. Duduklah pada dudukan latpull down sampai kedua paha menempel pada dudukan. Usahkan kedua telapak kaki menempel pada lantai, tidak dalam posisi jinjit. Ketika anda sudah duduk dengan benar, cobalah untuk berdiri dan raih tangkai bar dengan kedua tangan anda. Letak kedua tangan anda harus lebih lebih dibandingkan dengan lebar bahu anda. Selanjutnya coba untuk duduk tegak. Pegangan bar haru sejajar dan diatas tulang dada anda. Tariklah tulang bahu kearah belakang dan bawah. Usahakan bagian dada anda untuk tetap tegap. Supaya otot-ototnya terkontraksi. Tarik napas selanjutnya tarik bar ke bawah sampai terletak diatas dada anda. Hembuskan nafas kemudian tekuk siku anda ke bawah dan kembalikan posisi bar ke semula.

Manfaat Latpull Down

Pada saat anda menggunakan fungsi latpull down, anda akan mendapatkan manfaat yang banyak. Ketika berolahraga dengan latpull down. Ada otot latissimus dorsi, posterior deltoid dan teres major yang bekerja. Dengan berlatih terus menerus akan membuat otot terbesar di sekitar ketiak sampai punggung yaitu otot latissimus dorsi terlihat lebih besar. Sehingga punggung anda lebih bidang dan ramping. Cukup lakukan latihan 2 sampai 3 kali set saja. Setiap setnya 8-12 kali pengulangan. Setiap set lakukan istirahat selama 45 menit. Buat anda yang pertama kali berlatih cobalah dengan beban yang ringan, kemudian tambah lagi beban sedikit demi sedikit.

manfaat-latihan-menggunakan-latpulldown

Banyak orang yang salah menggunakan alat fitness ini, sehingga latihannya tidak maksimal dan fungsi latpull down tidak didapatkan. Jangan pernah menjadikan punggung bawah sebagai tumpuan karena bisa membuat punggung semakin tegang. Ketika menarik bar, anda harus memastikan siku tangan menghadap ke bawah bukannya ke belakang. Jangan pernah melengkungkan punggung, dada dan baju anda akan akan membuat otot terbebani dan kemungkinan cidera lebih besar.

Gunakan beban yang ringan terlebih dahulu. Jangan karena ingin cepat membentuk punggung anda langsung menggunakan beban yang besar. Lakukan gerakan perlahan-lahan, dengan menggunakan kekuatan otot anda. jika anda melakukan terlalu cepat akan membuat otot bekerja tidak maksimal. Itulah sedikit informasi tentang cara menggunakan dan fungsi latpull down. Semoga bermanfaat.